TANDA-TANDA KEBERADAAN RAYAP

 

Melacak Tanda Keberadaan Rayap ~ Memiliki bangunan & properi dari kayu memang terlihat lebih unik dan terkesan menarik, namun perlu diketahui bahwa musuh utama dari kayu adalah rayap yang bisa saja menghabiskan atau merusak bagian penting tersebut.

Di antara semua jenis serangga dan hama penganggu lainnnya, tidak ada yang lebih berbahaya daripada rayap. Rayap mampu menghancurkan dan merusak fondasi dan karakter sebuah rumah hanya dalam waktu beberapa tahun. Perusakan pertama yang dilakukan oleh rayap mungkin tidak terlihat selama lima tahun pertama sejak rayap mulai menyerbu. Pada saat itu, mungkin Anda telah terlambat.  Oleh sebab itu, Anda harus melakukan langkah-langkah yang tepat untuk melindungi rumah dari rayap, dan untuk menyingkirkan rayap dari rumah Anda dengan segera apabila properti Anda telah diserbu oleh rayap.

Baca Juga : Spesialis Anti Rayap Murah

Mungkin bukti langsung keberadaan rayap tidak terlihat, tetapi bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Tanda-tanda serangan rayap yang perlu diwaspadai adalah lantai kayu yang mengendur, lubang di benda-benda dari kayu dan fondasi rumah yang berongga. Atau mungkin juga Anda benar-benar melihat rayap dengan mata kepala sendiri.

Bawalah obeng dan senter lalu pergilah ke ruang bawah tanah, dan periksa balok fondasi dan lorong di sana dengan mengetuk-ngetuk kayunya untuk memeriksa apakah ada rongga di dalamnya. Kemudian tekan kayunya menggunakan obeng untuk menguji kekuatannya. Apabila kayu terlihat rapuh dan mudah pecah, mungkin rumah Anda diserang rayap.

Pastikan juga untuk memperhatikan jika ada sisa kotoran rayap saat Anda melakukan pemeriksaan ini. Rayap menjatuhkan kotoran berupa butiran yang warnanya seperti kayu atau coklat gelap. Jika Anda menemukan kotoran ini di dekat kayu yang lapuk, ini menunjukkan adanya keberadaan rayap.

Sarang rayap juga bisa ditemukan di properti anda; rayap tanah membuat sistem terowongan dan tabung dari tanah atau lumpur, sedangkan rayap kayu membangun sarang di dalam kayu.

Lihat Artikel : Mencegah Serangan Rayap

Punya masalah dengan rayap perusak? Hubungi Postiga segera!

Phone Number: (021) 426-2125 / (021) 426-2123
Mobile : +62 818216000 (call only)
Whatsapp: +62 811182747

Email : jakarta@postiga.co.id

2Shares