Rayap merupakan serangga dalam salah satu ordo Isoptera. Mereka membentuk koloni dengan sistem kasta. Kasta terdiri dari tiga yaitu kasta prajurit, kasta pekerja, dan kasta reproduksi. Kasta prajurit bertugas melindungi koloni terhadap gangguan dari luar. Kasta pekerja bertugas memberi makan dan memelihara ratu, mencari sumber makanan, dan membuat sarang. Rayap pekerja mencari makanan 24 jam secara terus menerus. Kasta reproduksi bertugas untuk menghasilkan keturunan. Rayap memiliki kemampuan adaptasi sangat tinggi sehingga penyebaran rayap di dunia menjadi sangat luas dan memang menyukai tempat dengan suhu hangat. Itu sebabnya mereka senang berdiam di dalam bangunan Anda, terutama pada saat musim hujan tiba.

Mereka mampu menyerang gedung dan merusaknya dengan berbagai cara yaitu:

  • Menyerang melalui kayu yang berhubungan dengan tanah
  • Masuk melalui celah/retakan-retakan atau rongga pada dinding dan pondasi
  • Dengan membuat membuat liang-liang di atas permukaan kayu, beton, pipa dan sebagainya
  • Menembus objek-objek penghalang seperti plastik, logam tipis, dan lain-lain walaupun penghalang tersebut bukan objek makanan nya.

baca juga : Mengenal 2 Tipe Rayap yang Mampu Merusak Bangunan

artikel lain : Mencegah dan Mengendalikan Hama Rayap Pada Bangunan

Beberapa material yang kerap menjadi sumber makanan bagi serangga perusak ini antara lain kayu, kertas, material selulosa, dan barang tertutup seperti box. Kendati ukuran serangga ini hanya 0,6 senti meter namun serangga ini hidup dengan berkoloni, apabila dibiarkan maka ditakutkan bisa menyebabkan kerugian. Terutama bagi Anda yang sedang berinvestasi properti.

Hal bijak yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi perusahaan pest control terpecaya dimana mereka akan menawarkan free survei gratis untuk melakukan pengecekan dan berkonsultasi dengan Anda perihal tindakan preventif dan pengendalian yang akan dilakukan agar investasi properti dan bangunan komersial tidak menjadi sasaran empuk rayap perusak, terutama di musim hujan.