Kehadiran hama seperti tikus, kecoak, dan cicak di rumah tentu tidak pernah diharapkan setiap penghuni rumah mana pun. Selain membuat rumah kotor dan rusak, kehadiran hama juga sangat mengganggu, membuat kekacauan, serta membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Karena itu, menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat adalah satu-satunya pilihan melindungi rumah dari hama. Dilansir dari Beauty Harmony Life, berikut beberapa tips menjaga rumah bebas hama.

 

Pastikan area dapur bersih 

Dapur adalah tempat yang akrab atau sering dikunjungi beragam ham karena terdapat sisa-sisa makanan di dapur.

Untuk itu, perlu menghilangkan segala macam kotoran di dapur guna menghindari serangan hama. Selain itu, hindari menciptakan lingkungan lembap di dapur serta menjaga kebersihan meja dapur dan laci. Pastikan juga permukaan dapur selalu dilap secara teratur dan hindari meninggalkan bahan makanan di tempat terbuka.

 

Periksa retakan dan lubang di rumah

Bukaan kecil di rumah adalah tempat sempurna bagi hama untuk masuk ke rumah. Karena itu, perlu secara teratur memeriksa rumah apakah ada celah dan lubang yang dapat dilalui hama. Bila ada, segera tutup lubang dan celah tersebut agar rumah benar-benar aman dari serangan hama.

Gunakan bahan segel yang tahan lama dan tidak mudah dikunyah hama. Bahan lembaran logam adalah pilihan yang baik jika menginginkan perlindungan yang tepat terhadap hama.

 

Pastikan membuang sampah secara teratur

Sampah kerap menarik hama di rumah. Untuk itu, penting membuang sampah secara teratur untuk membuat keluar dari masalah ini.  Jika tidak, bersiaplah menghadapi hama dan hewan pengerat.

Hama yang sangat menyukai sampah adalah kecoak. Lebih buruk lagi, ketika kecoak menemukan buah-buahan busuk, hal ini sanjutnya akan menarik hama seperti lalat buah muncul. Buah busuk juga dapat menarik hama lain seperti semut yang selalu sulit dibasmi.

 

Simpan bahan makanan dengan benar

Kebanyakan hama memiliki indra penciuman yang sangat baik, yang cenderung membawa mereka ke tempat adanya makanan.  Itulah mengapa hama cenderung memilih makanan dalam wadah terbuka. Hal ini tentu berbahaya karena hama seperti tikus  menyimpan infeksi yang menimbulkan risiko kesehatan.

Karena itu, pastikan makanan selalu disimpan dengan benar dalam wadah atau tas penyimpanan yang tertutup. Selain itu, buang makanan yang sudah basi.