Saat Musim hujan datang, tidak hanya menjadi tanda akan datangnya bencana banjir. Cuaca basah biasanya juga membawa serta binatang-binatang liar untuk "berteduh" dan mencari lokasi-lokasi hangat di dalam rumah Anda, termasuk rayap.

Rayap "bekerja" sepanjang hari, setiap hari dalam seminggu memakan kayu di rumah Anda. Namun demikian, rayap merupakan pemakan yang lamban.

Sembari rayap menggerogoti rumah perlahan-lahan, segeralah basmi hewan tersebut di dalam rumah Anda!

Cara pertama membasmi rayap di rumah terutama saat musim hujan datang adalah dengan menghilangkan langsung sumber makanannya.

Pastikan kayu di rumah Anda tidak lembab. Pasalnya, bau kayu yang lembab akan menarik rayap.

Selain itu, jaga juga agar kayu-kayu di rumah Anda tidak memiliki kontak dengan tanah.

Cara kedua, Anda bisa menggunakan bahan kimia termisida. Anda hanya perlu menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang sudah terserang rayap.

Bahan kimia ini sangat ampuh, tetapi juga berpotensi merugikan kesehatan Anda. Maka, sebaiknya gunakan dahulu pilihan lain sebelum menggunakannya.

Coba juga cara-cara yang biasa dilakukan berikut ini saat musim hujan datang.

Pertama, gunakan puntung rokok. Rendam 10 batang puntung rokok ke dalam dua gelas air dan setengah sendok makan garam.

Biarkan larutan itu semalaman. Setelah itu, saring larutan dan masukkan dalam alat penyemprot. Semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Kedua, gunakan daun pepaya dan daun sirih. Masukkan daun pepaya dan daun sirih ke dalam blender dengan perbandingan 2:1, dua untuk daun pepaya dan satu untuk daun sirih.

Tambahkan air secukupnya. Setelah lembut, saring airnya. Tambahkan air hasil saringan dengan alkohol 70 persen dengan perbandingan 2:3.

Masukkan dalam alat penyemprot, kemudian semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.