Tikus yang masuk ke dalam rumah merupakan permasalahan yang mungkin pernah Anda alami. Hewan pengerat satu ini berukuran kecil dan tubuhnya fleksibel sehingga mampu menyusup melalui celah sempit.

Sebagai hewan mamalia yang berdarah hangat, tikus masuk ke rumah untuk mencari tempat berlindung dan makanan. Merujuk pada publikasi Colorado State University, tikus memiliki gigi seri besar yang tidak berakar dan tumbuh terus menerus.

Hal tersebut membuat mereka harus mengasah gigi dengan menggerogoti bermacam-macam bahan. Perilaku itu dapat berdampak pada rumah, terutama bagian pintu dan jendela sebagai pembatas. Kehadiran tikus di dalam rumah merupakan masalah serius.

Tikus dapat membawa penyakit berbahaya, merusak rumah, mencemari air, meninggalkan bau tak sedap, dan berpotensi menyebabkan korsleting jika menggigit kabel.

Salah satu tanda keberadaan tikus di rumah mengamati bekas tinja hitam yang mereka tinggalkan sebagai petunjuk keberadaan mereka. Setelah Anda mengetahui keberadaan tikus di rumah, cobalah terapkan beberapa cara mencegah dan mengusir tikus dari rumah berikut ini seperti dirangkum dari Healthline.

1. Pelihara kucing

Jika tidak ada anggota keluarga yang memiliki alergi kucing, memelihara kucing mungkin merupakan cara termudah untuk mengusir tikus dari rumah. Kucing adalah salah satu hewan pemangsa tikus yang paling lincah dan efektif.

 

2. Gunakan minyak esensial

Aroma minyak peppermint dan minyak cengkeh yang kuat bisa jadi cara mengusir tikus dari rumah. Basahi bola kapas dengan minyak esensial dan letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah. Meskipun baunya saja tidak akan cukup untuk mengusir tikus sepenuhnya, langkah ini dapat diterapkan dengan metode lain.

 

3. Pasang perangkap manusiawi

Perangkap manusiawi membuat tikus tetap hidup sehingga Anda bisa melepaskannya. Tempatkan perangkap di area rumah Anda yang paling sering dikunjungi tikus dan periksa setiap pagi. Tikus biasanya keluar mencari makan di malam hari. Contoh makanan enak untuk menarik perhatian tikus termasuk selai kacang, keju, dan popcorn mentega.

Pastikan untuk melepaskan setiap tikus yang Anda tangkap setidaknya 1,6 km jauhnya dari rumah Anda, dan sebaiknya tidak di daerah yang berpenghuni. Jangan menyentuh tikus secara langsung untuk menghindari penyakit yang mungkin dibawanya.

 

keberadaan tikus menimbulkan penyakit

 

4. Cobalah larutan cabai

Umpan beracun mungkin tampak seperti solusi yang mudah, tetapi bisa juga berisiko. Racun dapat membuat hewan peliharaan dan anak-anak terpapar sakit, jadi lebih aman menggunakan umpan dan perawatan yang tidak beracun. Cobalah larutan cabai pekat. Semprotkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, tetapi tempat yang sering dikunjungi tikus, seperti di bawah kompor atau di belakang lemari.

 

5. Gunakan perangkap Anda sendiri

Jika Anda cerdik, cobalah membuat perangkap hidup Anda sendiri yang mudah digunakan menggunakan barang-barang rumah tangga:

  • Ember, tongkat, dan gelas plastik: Tusuk gelas dengan tongkat dan letakkan alat tongkat dan gelas di bagian atas ember yang terbuka. Oleskan selai kacang pada cangkir sebagai umpan. Tikus harus lari ke cangkir, dan kemudian jatuh ke dalam ember. Lepaskan tikut di pagi hari. Ulangi sesuai kebutuhan.
  • Gelas dan koin: Menggunakan gelas besar dengan selai kacang yang diolesi di dalamnya, seimbangkan satu sisi pada koin tegak. Saat tikus berlari untuk mendapatkan selai kacang, ia akan menjatuhkan koin dan terperangkap di dalam gelas. Ulangi sesuai kebutuhan.

 

6. Kemas ruang dengan wol baja (steel wool)

Masukkan wol baja ke dalam ruang sempit yang suka dimasuki tikus. Wol baja tidak mungkin dan tidak enak untuk dikunyah dan akan menjadi pencegah alami bagi tikus kecil.

 

7. Blok dengan lakban

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa titik masuk yang digunakan tikus, seperti di bawah wastafel di sekitar pipa atau di bagian belakang lemari yang terdapat kabel, tutupi dengan selotip.

Secara umum, cara mengusir tikus dari rumah dengan perangkap lebih disukai daripada umpan racun karena tidak terlalu berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan di rumah. Tetapi jika Anda menghadapi serangan hama yang parah yang dapat membahayakan keluarga Anda, pertimbangkan untuk menggunakan perangkap pegas atau hubungi jasa pengendalian hama profesional.