Cara Basmi Kecoa - Memasuki musim hujan, biasanya akan ada banyak masalah yang menghampiri rumah Anda. Mulai dari atap rumah bocor, dinding rembes, serta banyaknya hewan yang tak diharapkan masuk ke rumah.

Salah satu hewan yang kerap masuk ke dalam rumah ketika musim hujan tiba adalah kecoa.  Masuknya kecoa dengan mudah ke rumah karena banyak orang langsung membuang air ke saluran kota atau sungai.

Saat musim hujan tiba, air di dalam sungai dan got akan meluap. Pada kondisi itulah kecoa akan berbondong-bondong menyelamatkan diri melalui pipa drainase dan menuju kamar mandi Anda.

Oleh karena itu, jangan biarkan hewan yang juga menjadi sumber penyakit ini datang ke rumah saat musim hujan.

 

1. Minyak esensial

Aroma minyak esensial seperti peppermint, lavender, eucalyptus, dan tea tree oil menjadi favorit manusia. Namun, tidak begitu untuk kecoak.

Aroma tersebut dapat mengganggu penciuman mereka dalam berburu makanan. Selain itu, konsentrasi minyak esensial yang tinggi juga dapat membunuh kecoak, khususnya aroma peppermint.

Jadi, teteskan minyak peppermint pada bola kapas dan oleskan pada tempat-tempat di mana kecoak biasa bersembunyi.

Dilansir dari Asia One, Anda juga bisa membuat semprotan pembunuh kecoa dengan cara mencampur minyak peppermint dan air, lalu semprotkan pada daerah gelap tempat mereka tinggal.

 

2. Bubuk Kopi

Keharuman aroma kopi ternyata juga bisa memikat kecoa.

Seduhlah kopi dan masukkan ke dalam toples, kemudian letakkan toples di tempat yang biasa dilewati binatang ini. Ini akan menarik mereka untuk masuk dan tak mampu ke luar lagi.

 

3. Soda Kue

Seperti boraks, soda kue juga efektif sebagai cara basmi kecoa dengan mengacaukan asam pada lambung kecoak.

Namun jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, menggunakan soda kue mungkin menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang boraks karena soda kue tidak berbahaya untuk manusia ataupun hewan peliharaan.

Campurkan soda kue dengan gula, tempatkan campuran di mangkuk kecil atau toples dan taburkan di sudut-sudut rumah.

 

4. Daun Salam

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kecoa dengan bahan alami adalah dengan memanfaatkan daun salam. Wangi dari daun salam yang menyengat dapat mengusir kecoa dari rumah, karena bau daun tersebut sangat dibenci kecoa.

Hal yang Anda perlukan untuk usir hewan kotor satu ini adalah dengan menyiapkan beberapa lembar daun salam, kemudian siapkan alat dapur seperti cobek maupun ulekan.

Jika Anda tak punya kedua alat tersebut, dapat menggantinya dengan menggunakan mangkuk. Setelah itu, hancurkan daun salam hingga berbentuk bubuk, kemudian taburkan di beberapa tempat yang biasanya berpotensi dihinggapi kecoa.

Anda dapat dengan mudah memperoleh daun salam di pasar tradisional di sekitar tempat tinggal.