Membasmi Laron - Salah satu serangga yang kerap muncul di musim penghujan adalah laron. Serangga ini kerap datang berkoloni dan berkumpul mendekati cahaya lampu. Kehadiran laron di dalam rumah bisa cukup menganggu.

Laron sebenarnya merupakan jenis rayap bersayap yang hidup berkoloni. Rayap bersayap ini akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan. Pada musim hujan, tanah tempat laron bersarang akan lembap, pada saat inilah kawanan laron keluar mencari kehangatan sekaligus mencari pasangan.

Laron yang menemukan pasangan kemudian akan melepaskan sayapnya dan berjalan berdampingan untuk kawin dan mencari sarang baru. Kedatangan serangga ini dalam jumlah banyak bisa mengotori rumah dengan sayap-sayapnya yang rontok.

Tak jarang sayap atau bahkan tubuh laron menempel pada perabot atau makanan di rumah. Kondisi ini akan menganggu kenyamanan di rumah. Namun, tak perlu risau, ada beberapa cara mengusir laron dari rumah.

Berikut cara membasmi serangga laron yang mengganggu di rumah, dirangkum Postiga dari berbagai sumber.

1. Mematikan sumber cahaya

Laron biasanya keluar di sore atau malam hari dan mencari sumber cahaya untuk mendapatkan kehangatan. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengusir laron di dalam rumah adalah mematikan lampu di sekitar rumah. Jika laron sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, matikan lampu di dalam rumah dan nyalakan lampu di luar rumah. Laron akan keluar menuju lampu di luar.

Kemudian tutup semua celah yang memungkinkan laron masuk ke dalam rumah. Setelah laron keluar, matikan lampu di luar dan laron akan sirna dan mencari sumber cahaya di tempat lain. Berhentilah menarik lebih banyak rayap ke rumah dengan menutup semua jendela dengan tirai gelap. Anda juga harus mematikan lampu yang tidak perlu di malam hari.

 

2. Membuat jebakan air

Untuk membuat jebakan ini Anda perlu mempersiapkan lampu atau lilin dan wadah berisi air. Letakkan lampu atau lilin ini di luar rumah dengan wadah berisi air di bawahnya. Laron akan mendekati sumber cahaya ini sebagai pancingan.

Laron yang mendekati sumber cahaya ini akan jatuh ke wadah air dan tak bisa terbang lagi. Ini bisa mengurangi jumlah laron yang masuk ke dalam rumah.

 

3. Menggunakan cabai merah

Aroma dari cabai merah sangat kuat dan tidak disukai laron. Ini membuat laron akan cenderung menjauh dari area di sekitar tempat adanya cabe merah. Cara mengusir laron dengan cabai merah ini adalah dengan mengiris secara melintang cabai hingga mengeluarkan aroma menyengat.

Gantungkan irisan cabai ini di sekitar lampu tempat laron berkumpul. Dengan cara ini laron akan menjauhi area yang terdapat irisan cabai tersebut.

 

4. Menggunakan Rumput vetiver

Rumput vetiver atau akar wangi merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengusir serangga seperti laron dan rayap. Rumput vetiver mengeluarkan aroma wangi yang tak disukai laron. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar.

Rumput vetiver bisa ditanam di halaman rumah, di pot, atau ditaruh di dalam rumah dalam bentuk akar wangi. Anda dapat menggantungkan akar wangi di sekitar sumber cahaya di dalam rumah agar laron enggan mendekati area rumah tersebut.

 

5. Menggunakan semprotan anti serangga

Salah satu cara ampuh membasmi laron dari dalam rumah adalah menyemprotkan insektisida. Cukup semprotkan anti serangga ke tempat laron berkumpul dan mereka akan mati dengan sendirinya. Aroma yang dikeluarkan semprotan anti serangga ini juga membuat laron lainnya enggan mendekat di tempat yang sama.

Namun, penting untuk tidak menyemprotkan anti serangga ini di dapur atau tempat-tempat yang terdapat makanan atau anak kecil.

 

6. Basmi sumber sarang

Cara lain mengusir laron dari rumah adalah membasmi sarangnya. Rayap atau laron ini sangat menyukai tempat yang gelap dan lembap namun tetap memiliki suhu yang hangat untuk berkembang biak, sehingga tidak heran jika rayap kerap tinggal di dalam kayu atau mendekati permukaan tanah.

Carilah tempat yang paling banyak dihinggapi laron-laron di dalam rumah dan lihat kemana kumpulan tersebut pergi. Bersihkan sarang laron dengan insektisida atau semprotan anti serangga.

error: Content is protected !!