Serbuan Rayap - Salah satu masalah yang kerap menjadi momok para pemilik rumah adalah serbuan rayap. Akibat rayap, perabotan bermaterial kayu yang ada di rumah bisa keropos atau bahkan hancur. Tidak hanya kayu, rayap juga kerap menggerogoti barang-barang yang terbuat dari kertasa seperti buku. Lantas, bagaimana cara membasmi rayap yang ampuh?

Jika hal itu terjadi pada Anda, segeralah usir rayap-rayap tersebut agar koleksi buku serta rak buku tidak menjadi rusak.

Caranya mudah dan simpel kok. Simak ulasan tips cara membasmi rayap berikut ini, yuk.

1. Membuat Jebakan Kardus

Sebelum Anda mengusir serangan rayap, ketahui dulu di mana sarang dan letak mereka berada. Cara praktis pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat sebuah jebakan kardus.

Anda cukup mencari kardus bekas, membasahinya, lalu meletakkannya di area yang Anda curigai sebagai sarang rayap.

Dalam kurun waktu tertentu, rayap-rayap tersebut akan berpindah ke kardus lembap yang mengandung bahan makanan kesukaan mereka, yaitu selulosa.

Nah, ketika rayap-rayap tersebut sudah tampak menggerogoti kardus, segera angkat ke area terbuka, lalu bakar.

Lakukan cara tersebut di area yang sama agar rayap benar-benar menghilang.

 

2. Menjemur Buku di Bawah Sinar Matahari

Cara simpel kedua untuk mengusir rayap adalah menjemur rak buku serta buku-buku Anda di bawah sinar matahari. Kondisi kering dan panas merupakan musuh dari para rayap yang memang tinggal di tempat-tempat lembap serta gelap. Panas matahari akan membuat mereka tidak betah, lalu kabur, atau bahkan mati.

Jemur buku Anda di bawah sinar matahari langsung sekitar satu jam, lalu jemur lagi di tempat yang lebih teduh agar buku terkena angin.

Sementara itu, jemur rak buku Anda selama satu hingga tiga hari agar terhindar dari serbuan rayap