Musim hujan di awal tahun 2020 intensitasnya semakin meningkat. Hal ini bisa kita lihat pada hari malam hari tgl 31 Desember 2019 di wilayah JABODETABEK pada khususnya diguyur hujan sampai siang hari (01/01/2020) hingga menyebabkan banyak daerah mengalami kebanjiran.

Menurut Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko, puncak musim hujan untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur diprakirakan terjadi Februari 2020.

Sedangkan, untuk wilayah Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan, puncak hujan terjadi pada Maret 2020. Hary mengimbau masyarakat untuk mewaspadai wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi banjir selama musim hujan 2019/2020 ini. "Tingkat kewaspadaan lebih pada bulan puncak musim hujan yaitu pada Januari, Februari, hingga Maret 2020," paparnya. "Khususnya untuk wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua," imbuhnya.

Waspada Penyakit Kencing Tikus di Musim Hujan dan Banjir

Banjir yang disebabkan oleh tingginya curah hujan di sejumlah daerah di Indonesia berpotensi menyebabkan penyakit.

Leptospirosis merupakan salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai selama musim hujan.

Penyakit ini disebabkan bakteri Leptospira yang ada pada kencing binatang, seperti tikus, kucing, anjing, dan lain-lain.

Leptospira umumnya ditularkan lewat air.

"Risiko penularan, bakteri masuk kulit yang lecet melalui banjir, genangan air, sungai, danau, selokan, saluran air, sawah, dan lumpur," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono.

 

LANGKAH ANTISIPASI

Kemenkes menjelaskan langkah-langkah antisipasi untuk menghindari timbulnya penyakit Leptospirosis, yaitu:

Menghindari adanya tikus yang berkeliaran di sekitar kita

Hindari bermain air saat terjadi banjir, terutama jika mempunyai luka

Artikel Lainnya:  Cara Mencegah Ular Masuk Rumah Kita

Gunakan alas kaki, misalnya sepatu anti air, bila terpaksa harus ke daerah banjir.

Segera berobat ke sarana kesehatan bila sakit dengan gejala panas tiba-tiba, sakit kepala dan menggigil