Salah satu binatang kecil, yang cukup mengganggu di rumah adalah rayap. Selain mengganggu, hewan ini bisa sangat berbahaya. Karena akan memakan kayu di rumah anda, mulai dari pintu, lemari, ranjang, hingga tiang kayu penopang rumah anda. Jika tidak diatasi, maka akan banyak perabotan berbahan kayu di rumah anda akan mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, keselamatan keluarga anda juga terancam. Jika tiang kayu penopang rumah anda keropos dan sampai roboh karena dimakan rayap.

Berikut cara untuk mencegah dan mengatasi rayap dengan biaya murah dan mudah secara tradisional dan sederhana:

1. Air Kapur sirih

Air kapur sirih sangat efektif untuk membasmi rayap.Untuk mengatasi rayap yang ada pada kayu caranya cukup mudah yaitu dengan menyiramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang atau dapat juga langsung ke sarang rayap. Kulit rayap yang tipis dan lembut tidak mampu menahan sifat panas dari kapur.

2. Minyak Tanah

Bahan bakar yang satu ini sempat populer sebelum hadirnya konversi bahan bakar gas 3KG, apabila anda kesulitan untuk mendapatkannya maka dapat menggantinya denga bahan lain yanitu minyak solar yang sifat dan baunya mirip dengan minyak tanah. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak tanah atau solar pada kayu yang telah di serang rayap atau pada sarang-sarang rayap. Agar lebih ampuh dapat juga ditambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah.

3. Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras dapat juga mengusir rayap meski sifatnya sementara, yang digunakan adalah air pertama dari cucian beras. Caranya adalah dengan menyiramkan air tersebut ke sekeliling sarang rayap.

4. Garam Dapur

Selain untuk keperluan masak-memasak ternyata garam juga ampuh untuk menghadapi rayap. caranya adalah dengan menaburkan garam di sarang rayap, mungkin cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan sarang. Agar lebih efektif anda dapat mencampur garamnya dengan air dan T3mb4k4u. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.

5. Tembakau

Tembakau biasanya berguna untuk membunuh tungau yang biasanya terdapat di rumput atau perabotan mebel seperti kursi, sofa ataupun kasur, ternyata Tembakau ini juga ampuh untuk mengusir rayap.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur T3mb4k4u dan air lalu di diamkan satu malam agar sari Tembakau sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayap.

6. Sentricon

membasmi rayap yang ada ditanah kita membutuhkan alat bantuan sentricon, sentrikon sendiri terdiri dari 2 buah alat dimana alat yang pertama merupakan sebuah pengumpan yang taruh pada dinding/kusen yang menjadi jalur rayap, sedangkan alat yang ke 2 berupa detektor rayap yang ditanam di tanah. Pada masing masing alat sentricon terdapat semacam tissu yang berfungsi sebagai pengumpan rayap, tissu tersebut berisikan kandungan heksaflumuron, enzim hormon yang dapat menekan metabolisme pertumbuhan rayap, sehingga akhirnya membunuh rayap tersebut. Setelah alat sentricon digunakan rayap akan datang, memakan, dan mendistribusikan tisu tersebut ke semua koloni rayap sampai akhirnya semua koloni akan mati termasuk yang ada di dalam tanah.

7.Pakai Termisida

Meski Bahan kimia ini sangat ampuh untuk mengusir rayap tetapi penggunaan Termisida ini sebaiknya dihindari dan dijadikan pilihan yang terakhir karena sangat beresiko mengganggu kesehatan kita. Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang di serang rayap.

5Shares