Semut merupakan salah satu serangga sosial yang sering dijumpai pada berbagai area, seperti; di hutan, di rumah, di kebun dan pada semua kawasan terrestrial. Dari semua peranan semut terhadap manusia, terdapat beberapa peranan yang menimbulkan kerugian bagi manusia itu sendiri. Sehingga dalam hal ini semut dikategorikan sebagai serangga hama.

Kerugian-kerugian yang ditimbulkan oleh semut hama diantaranya; kontaminasi pada makanan, kontaminasi pada peralatan steril di laboratorium, digigit semut, disengat semut, alergi dan sebagai vektor penyakit.Semut bisa mengkontaminasi makanan dan peralatan steril di laboratorium, karena semut berasosiasi dengan beberapa jenis mikroba. Mikroba inilah yang akan mengkontaminasi makanan dan peralatan tersebut. Semut juga berasosiasi dengan mikroba yang bersifat pathogenic, sehingga semut juga merupakan vektor dari suatu penyakit. Beberapa famili dari fungi pathogenic yang berasosiasi dengan semut diantaranya; Clavipitaceae, Hypomycetales dan Laboulbeniales. Sedangkan Bakteri yang diisolasi dari semut yang ditemukan oleh Lee (2002) terdiri dari bakteri gram negative, coccii, bacilli, Pseudomonas, Vibrio dan coccibacili merupakan bakteri yang bersifat pathogenic.

Di Australia terdapat suatu penyakit unik yang disebabkan oleh semut penyakit ini dinamakan “jack jumping ant alergy”. Penyakit ini merupakan suatu reaksi yang ditimbulkan dari sengatan semut genus Myrmecia. Biasanya penyakit ini menyerang manusia yang memiliki kulit yang sensitif setelah disengat oleh semut Myrmecia . Reaksi alergi ini dikenal dengan anaphylaxis atau disebut juga ”Death alergy”, reaksi ini disebabkan oleh makanan dan sengatan oleh serangga.

Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah urticaria (hives), eritema (kemerahan menyeluruh), eruritus (gatal yang luas) tanpa rash, angioedema (swelling), edema laring, asma, rinitis, konjungtivitis, gatal palatum dan saluran meatikus akustikus eksterna, mual , muntah, nyeri perut, palpitasi, dada berdebar, pingsan, dan gangguan kesadaran. Akan tetapi penderita penyakit ini adalah orang-orang yang sudah menderita alergi sejak kecil.

Beberapa faktor yang menyebabkan semut hama datang dan bersarang di rumah; kebersihan rumah, bahan makanan yang sudah busuk atau berserakan, ketidakteraturan perabot rumah tangga, penyimpanan makanan yang kurang baik, dan lain sebagainya. Yang terpenting dari faktor yang menyebabkan datang dan bersarangnya semut di rumah adalah kepedulian pemilik rumah terhadap rumah yang ditempatinya. Jika kepeduliannya tinggi, maka resiko dari datang dan bersarangnya semut di rumah akan bisa dikurangi

1Shares