Rayap (termites) tidak berhenti makan selama 24 jam sehari dan cara mereka mencari makan secara acak, maka bisa dibayangkan seberapa besar kerusakan yang disebabkan oleh aktifitas nonstop rayap tersebut. Mereka akan selalu menjadi ancaman terhadap properti dan investasi Anda.

Adanya tempat yang lembab dan bau kayu yang basah akan memancing rayap dari dalam tanah menembus beton dan lantai semen dengan cepat menerobos lapisan keramik dalam upaya membangun istana idaman mereka.

Ada tiga tujuan yang mendasari termite control service atau anti rayap yaitu mencegah, membasmi dan mengendalikan.

  1. MENCEGAH
    Langkah yang sangat bijaksana, karena dapat mengantisipasiserangan rayap yang berasal dari luar bangunan. Seandainya suatu ketika muncul laron-laron yang beterbangan saat senja hari dan salah satu dari mereka berhasil memperoleh tempat untuk bertelur, maka rayap yang berasal dari telur-telur laron tidak akan mampu memakan kayu-kayu yang telah terlindungi termitisida/obat rayap dan tidak bisa menembus lapisan tanah yang telah dilindungi oleh termitisida.Mahalnya harga kayu dan sulitnya mendapatkan kayu yang berkualitas membuat orang berinisiatif untuk beralih menggunakan material alternatif lainnya. Setelah munculnya produk kusen berbahan aluminium dan daun pintu dari bahan pvc, lalu hadir pula rangka atap dari material baja ringan, dan kini ada lembaran papan fiber semen dengan motif urat kayu. Ini ada;ah satu cara menghidarkan kita berurusan dengan serangga gemuk pemakan kayu.Tentu saja material pengganti tersebut tidak lebih murah dari bahan kayu itu sendiri. Bahkan, bahan itu cenderung lebih mahal, semisal rangka atap dari bahan baja ringan.
  2. MEMBASMI
    Biasanya dilakukan oleh Anda yang belum mengetahui dan mengerti termite control service. Hal ini wajar karena mungkin Anda menganggap service ini tidak penting.
  3. MENGENDALIKAN
    Tujuan akhir yang benar-benar jangan sampai terjadi, karena hal ini dikarenakan pelaksanaan service yang sangat terlambat dan rayapsudah menyebar ke seluruh bagian bangunan anda. Rayap tidak mungkin terbasmi atau dapat dihilangkan secara total, karena jalur lalu lintas rayap benar-benar luas dan tersembunyi. Namun demikian service yang peroleh dapat memperpanjang usia bangunan Anda dan mengendalikan serangan rayap agar tidak menimbulkan kerusakan fatal.
0Shares