Pest Control merupakan Pengendalian hama mengacu pada peraturan atau manajemen dari spesies didefinisikan sebagai hama, dan dapat dianggap merugikan kesehatan seseorang, ekologi atau ekonomi. Seorang praktisi pengendalian hama disebut pembasmi.

Ada sedikit pengertian yang tidak sama, saat orang-orang biasanya menyebutkan pest control sebagai ‘pembasmi’ tetapi dikalangan beberapa praktisi sendiri pest control lebih disimpulkan sebagai pengendalian hama.

Etimologi dari pest control sendiri merujuk kepada bahasa Inggis, pest yang berarti hama sedang control yaitu pengendalian, jadi kurang pas bila kita mengartikan pest control sebagai penghilang hama atau pembasmian hama secara total. Kata control sendiri diambil lantaran pada dasarnya hama tak dapat dibasmi karena mereka merupakan satu kesatuan ekosistem lingkungan hidup, tujuannya jika ada satu tipe hama habis dibasmi jadi bakal mengganggu keseimbangan ekosistem lingkungan. Walau demikian, hama tetaplah bisa dikendalikan atau ‘dibasmi’ pada lingkup spesifik supaya tidak mengganggu kegiatan manusia.

Type hama yang dikendalikanpun juga dibatasi, yang dikendalikan cuma urban pest (hama perkotaan) bukanlah hama seperti diperkebunan maupun dipertanian, hama yang diakukan dalam pest control seperti berikut :

#Serangga terbang (nyamuk serta lalat)
#Serangga merangkak (semut, kecoa, tikus serta rayap)
#Hama gudang (kumbang, kutu, ngengat serta ulat)
#Hama spesial (kaki seribu, laba-laba, tokek, kelelawar, burung, dan lain-lain)

Aktivitas ingindalian yang dikerjakan oleh beberapa praktisi usaha pest control diantaranya :

#spraying (penyemprotan)
#fogging (pengasapan)
#misting (pengembunan)
#penggasan (fumigation)
#baiting (pengumpanan)
#dusting (pemberian bubuk)
#apabila dibutuhkan juga memakai bahan kimia beracun (pestisida)

Sebagian kegiatan di atas memanglah mengharuskan orang yang pakar serta terlatih saja yang dapat menjalankannya, tak dapat sembarang orang. Pengendalian hama harus melalui cara yang tepat dengan menggunakan dosis yang pas sesuai standar serta dilakukan oleh orang profesional di kalangannya.

Ada 3 kelompok yang biasanya memakai layanan pest control yakni :

#Industri
#Perumahan (parbrik serta gudang)
#Komersial (cafe, kantor, hotel, apartemen dan lain-lain)

Tujuan akhir dari pest control itu sendiri agar lingkungan tempat tinggal atau kerja kita bisa lebih nyaman serta dapat terlepas dari masalah hama perusak dan kemungkinan penyakit.