Kutu busuk  atau kepinding atau tinggi atau disebut juga tumila adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. mereka dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya serta senang tinggal di rumah manusia, khususnya pada tempat tidur. ia biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya.

Mereka bisa menggigit tanpa disadari korbannya, biasanya ia akan agresif pada malam hari. ia akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung.

Kutu busuk akan hidup di setiap area rumah dan akan berada di celah-celah kecil di mebel serta furnitur berlapis dan tekstil. Mereka cenderung paling umum di daerah di mana orang tidur umumnya berkonsentrasi di tempat tidur termasuk bingkai tempat tidur, kasur dan kotak mata air. Kutu busuk tidak menempati permukaan tidur tempat tidur biasanya sebagai celah dan retakan berkaitan dengan kasur dan bed frame. Kutu busuk sering berada di furnitur lainnya termasuk retakan di wallpaper (terutama dekat tempat tidur) dan di dalam ruang-ruang furnitur rotan, tepi karpet, tirai dan sudut di dalam meja rias.

1Shares