6 Fakta Unik Rayap Yang Perlu Anda Ketahui

 

6 Fakta Unik Rayap - Serangga kecil ini menyerupai semut yang hidup dalam kelompok (koloni) yang ramai. Mereka membangun sarang menakjubkan yang menjulang tinggi di atas permukaan tanah, sehingga merupakan sebuah keajaiban tersendiri dalam gaya bangunannya. Berikut merupakan 6 fakta unik mengenai rayap yang perlu anda ketahui.

1. Rayap tidak pernah tidur
Anda tidak salah dengar. Faktanya, rayap memang tidak pernah beristirahat sepanjang hidupnya. Rayap golongan pekerja rata-rata memiliki jangka hidup 2 tahun dan bekerja tanpa henti, atau dengan kata lain, menggerogoti kayu maupun interior milik Anda.

2. Total berat badan rayap melebihi total berat badan manusia di bumi
Walaupun rayap berukuran sangat kecil, akan tetapi ternyata total berat badan rayap di bumi ini ternyata jauh lebih banyak dibandingkan dengan total berat badan manusia yang mencapai 7.5 milyar (2016).

3. Ratu rayap bertelur setiap 15 detik sekali & tidak pernah berhenti sepanjang hidupnya
Golongan rayap memiliki hierarki; dimulai dari golongan ratu & raja, golongan tentara, dan golongan pekerja. Nah, ratu rayap merupakan hierarki teratas yang menetaskan telur dan mereproduksi koloni rayap-rayap ini.

4. Dari segi ekologi, rayap merupakan dekomposer penting
Rayap dapat menguraikan serat tanaman, mendaur ulang pohon yang mati dan busuk menjadi tanah yang baru. Serangga yang sering disebut parasit ini berperan penting untuk menjaga kesuburan hutan kita.

5. Rayap dikenal sebagai ‘silent destroyer’
Rayap disebut sebagai ‘silent destroyer’ bukan tanpa alasan. Sebab, rayap-rayap ini menggerogoti dan menghancurkan perabotan/ furniture dan barang di rumah kita (yang terbuat dari kayu) secara diam-diam. Dari permukaan, perabotan anda terlihat masih bagus, akan tetapi saat anda melakukan pemeriksaan, rayap-rayap ini telah menggerogoti bagian dalam yang tidak kasat mata.

Lihat Juga : Tips Mencegah Serangan Rayap di Bangunan Anda.

6. Rayap berpotensi menyebabkan kerugian properti hingga $5 milyar setiap tahun
Nah, ini merupakan bagian paling menjengkelkan untuk semua pemilik rumah di bumi ini. Seringkali, rayap menggerogoti properti, perabot, dan barang-barang lain di rumah dan anda pun sudah terlambat saat menyadarinya. Nasi telah menjadi bubur, dan properti tersebut pun tidak dapat digunakan lagi.

Untuk cara membasmi rayap, biasanya kebanyakan orang menggunakan bahan kimia/ pestisida yang dijual di pasaran. Akan tetapi, jika kondisi rayap di rumah/ lingkungan bisnis anda sudah parah, sebaiknya anda menyerahkan permasalahannya kepada ahli anti rayap anda dapat menghubungi POSTIGA sebagai penyedia layanan pengendali hama dengan harga terjangkau. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

11Shares