Postiga.co.id - Mencegah Rayap berarti Anda memimimalisir pengeluaran besar di kemudian hari. Karena kerusakan yang disebabkan rayap jelas merugikan, Mereka bersarang dan memakan kayu yang menjadi bagian dari rumah, seperti kusen, pintu, rangka atap dan dinding.. Bahkan jika didiamkan dapat membahayakan seisi rumah anda karena potensi kayu yang keropos.

Tanda-Tanda Rumah Terserang Hama Rayap

  1. Tanda paling jelas adalah jika anda melihat rayap itu sendiri mulai muncul di rumah atau di halaman anda. Rayap biasa berkeliaran dalam jumlah banyak di permukaan tanah atau dinding, tapi ada juga yang terbang seperti semut terbang.
  2. Tanda kedua adalah munculnya gundukan mirip serbuk kayu atau pasir kasar di sudut-sudut rumah, ini adalah gundukan dari kotoran rayap.
  3. Tanda berikutnya adalah retak atau keropos pada bagian bangunan yang terbuat dari kayu, umumnya ini terlihat di kusen, dinding atau lantai kayu.
  4. Ciri berikutnya adalah timbulnya jalur tanah di dinding, kusen, atau di retakan dinding. Jalur ini adalah jalur yang dibuat oleh rayap yang hidup di bawah tanah.
  5. Terakhir, pintu dan jendela yang tidak lagi menutup dengan benar juga merupakan penanda awal munculnya rayap, karena kayu berubah bentuk setelah bagian dalamnya keropos atau retak.

 

Langkah Mencegah Rayap Merusak Bangunan / Properti Anda: 

Mencegah adalah penanggulangan yang paling efektif menghadapi rayap. Beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk mencegah datangnya rayap di rumah anda antara lain:

  1. Cegah rayap sejak masa pembangunan rumah. Dengan injeksi pestisida sejak pembangunan pondasi rumah, area tanah sekitar rumah akan terbebas dari rayap. Silahkan hubungi Postiga sebagai langkah preventif.
  2. Cegah dan waspadai terjadinya kebocoran pipa dan saluran air, baik di atas plafon, dalam dinding, maupun pada selokan di luar rumah. Rayap tanah menyukai kelembaban, dan akan tertarik ke daerah kayu yang basah di rumah anda.
  3. Isi segera celah-celah yang terjadi pada bagian rumah, karena celah-celah ini dapat dijadikan jalan atau rumah oleh rayap masuk ke rumah anda.
  4. Hindari kontak langsung material kayu di rumah anda dengan tanah. Contohnya dengan membuat dudukan kusen dari beton.
  5. Pilih kayu yang berkualitas dan kering sempurna (oven) untuk material rumah atau furniture. Baik juga menjemur furniture di bawah sinar matahari setiap 2-3 bulan sekali untuk mempertahankan kekeringannya.
  6. Langkah pencegahan lainnya adalah dengan mengurangi penggunaan material kayu di rumah anda, selain harganya yang relatif terus meningkat, kini telah tersedia banyak alternatif pengganti kayu dengan harga yang terjangkau.

Demikian artikel untuk mencegah rayap merusak bangunan/properti kayu di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Aspphami : Kerugian Akibat Rayap Capai Rp 2,8 Triliun Setiap Tahun

0Shares