Tahukah anda tentang rahasia kehidupan rayap? Rayap merupakan binatang kecil yang hidup di dalam tanah, mempunyai kerajaan yang teratur, dengan pembagian tugas yang jelas, ada yang didaulat sebagai ratu, ada pekerja dengan tingkat hirarki yang berbeda. Mereka selalu bertindak bersama-sama untuk menimbulkan kerusakan dari dalam baik itu berupa pintu kayu, atau bahkan sebuah gedung yang kokoh kuat yang komponennya terbuat dari kayu.

Kayu – kayu yang dimakan oleh rayap yang ada di rumah – rumah biasanya seperti pintu kayu , kusen jendela , kayu penyangga, atap rumah tanpa disadari kalau rayap itu akan memakan berbagai alat – alat kayu yang ada di dalam rumah,

Rayap Bisa Merobohkan Rumah

Selain itu biasanya sewaktu rayap memakan kayu tidak terlihat karena rayap memakan bagian dalam pada alat-alat kayu tersebut tapi terkadang mengeluarkan bunyi jika sedang dimakan rayap.

Rayap gemar menggerogoti tembok atau perangkat rumah lain, khususnya yang terbuat dari kayu. Dengan beberapa ketukan jari, Anda dapat menilai sendiri apakah rumah Anda telah menjadi korban rayap atau belum. Jika tidak terdengar kokoh dan ada indikasi dinding terdengar kopong, besar kemungkinan sedang ada koloni rayap yang aktif bersarang di hunian Anda.

Di San Fransisko ada gedung tertua yang bernama Mision Dolores yang didirikan pada tahun 1791 yang mampu bertahan ketika diguncang empat kali gempa bumi besar termasuk gempa yang paling dahsyat pada tahun 1906 yang meratakan kota San Fransisko. Ironisnya, gedung ini malah nyaris roboh pada tahun 1990 karena digerogoti rayap.

Apa yang mau dikatakan dengan kisah tentang rayap ini? kerusakan dari dalam jauh lebih menakutkan karena sekilas tidak tampak, tetapi di bagian dalam sesungguhnya rapuh dan keropos.

0Shares