Rayap merupakan salah satu jenis serangga perusak perabotan rumah atau furnitur yang terbuat dari kayu. Rayap berkembang biak sangat cepat dan dalam jumlah banyak. Karena itu, segera basmi rayap dan lakukan langkah pencegahan sebelum kian merajalela.

Namun masalah datang ketika musim hujan tiba. Suhu lembab dan basah merupakan kondisi ideal bagi rayap untuk berkembang biak, dan memakan rumah kayu kesayangan kita. Dinding, tiang penyangga rumah, plafon, bahkan perabot rumah tangga kayu tidak ada yang luput dari serangannya.

Simak tips berikut agar perabotan kayu di rumah/ kantor Anda terhindar dari serangan rayap. Begini caranya:

1. Bila ingin membeli furnitur, periksa dulu dengan saksama. Pastikan tidak ada lubang atau tanda pembusukan. Rayap suka tinggal di lingkungan lembap. Lakukan pengecekan rutin terhadap kayu, furnitur, dan rumah dari rayap.

2. Gunakan cairan anti rayap yang bisa disemprotkan secara teratur ke bagian perabotan kayu. Kita tidak tahu darimana rayap akan menyerang, maka seluruh kusen, rangka atap, lantai kayu, plafon, dinding, dll harus terlindungi. Jika kurang paham tentang cara penggunaan anti rayap, berkonsultasilah pada ahlinya.

3. Minyak jeruk mengandung D-limonene yang efektif menyingkirkan rayap. Oles atau semprotkan minyak ini di atas area yang penuh dengan rayap. Minyak tersebut akan membunuh rayap.

4. Bersihkan Tempat Lembab. Rayap membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Sehingga membunuh rayap akan sangat efektif bila Anda mengatasi sumber masalahnya, yaitu membersihkan tempat yang lembab.

5. Jangan menumpuk kayu di halaman. Kayu sisa bahan bangunan sebaiknya disimpan di tempat kering dan tertutup. Rayap akan tertarik pada tumpukan kayu di halaman dan diam-diam mengincar rumah kayu Anda sebagai target selanjutnya.

6. Gunakan kayu berkualitas. Ada harga ada rupa. Kayu yang harganya lebih mahal biasanya lebih baik daripada kayu yang murah harganya. Lengkapi diri Anda dengan pengetahuan yang cukup tentang material kayu sebelum membeli. Jangan mudah tergiur oleh material kayu yang ditawarkan dengan harga sangat murah.

7. Jaga kebersihan lubang ventilasi. Coba periksa apakah lubang ventilasi di rumah Anda bersih dari serpihan cat atau kayu? Serpihan yang tidak dibersihkan akan mengundang rayap untuk merajalela. Pasang kawat kasa agar tidak ada rayap atau serangga apapun tidak bisa masuk ke dalam rumah.

8. Jika perabotan/ bangunan yang terbuat dari kayu sudah terlanjur diserang rayap dan Anda tidak mampu mengatasinya, hubungi Solution Pest Control  untuk membantu Anda dalam mengatasi serangan rayap perusak sebagai tindak lanjut pencegahan kerusakan yang lebih masif.

Solution Pest Control sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengendalian hama rayap (termite control) dapat menjadi solusi dalam mengamankan bangunan pra kontruksi maupun pasca kontruksi. Jangan tunggu sampai rayap merusak properti Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi gratis maupun survei gratis pada bangunan milik Anda.

Hubungi kami di nomor kontak yang tersedia: 
Phone Number: (021) 426-2125 / (021) 426-2123
Whatsapp: +62 818216000 or +62 811182747